15 Daftar Film Garapan Raditya Dika

Source : ipuly.com

Siapa sih yang tidak kenal Raditya Dika? Raditya Dika atau yang biasa kita kenal sebagai Radit adalah seorang komedian yang bisa dikatakan sukses dalam dunia perfilman, berawal dari dia menjadi penulis. Radit yang juga merupakan sutradara dan Aktor ini begitu berhasil hingga sekarang membuat banyak karya seperti yang kita tau sekarang ini.

Berawal dari kesuksesannya dalam menulis kini Bapak satu anak ini telah mendulang berbagai penghargaan. Selain karya-karya bukunya, filmnya pun begitu sukses. Dan inilah daftar film yang di garap oleh Raditya Dika.

Berikut adalah daftar beserta trailer dan penjelasan singkat film garapan Raditya Dika

Kambing Jantan : The Movie (2009)

Selepas Dika (Raditya Dika) lulus Sekolah Menengah Atas dia harus melanjutkan pendidikan di Adelaide, Australia untuk mengambil jurusan Finance yang tidak diharapkannya. Disitulah kisah ini bermula.

Saat di Australia, Dika mengalami kisah Cinta yang mungkin agak berat karena pengeluaran uang yang sangat besar, komunikasi susah, dan kuliah yang semakin berat karena mereka harus menjalani LDR atau Long Distance Relationship. Selain itu Dika juga mengalami kesulitan dalam belajar karena mengalami dilema yang disebabkan antara Cinta dan Kuliahnya.

Film ini merupakan film pertama Raditya Dika yang diangkatnya dari sebuah buku yang ia tulis. Didalam film ini Raditya memerankan peran utamanya, namun belum menjadi sutradaranya.

Maling Kutang (2009)

Film yang bercerita tentang persaingan toko yang dimiliki oleh Syamsul (Indra Birowo) dan istrinya Yuyun (Deswita Maharani) dengan toko sebelahnya yang sangat laris yang aslinya perbedaannya terletak pada keramahan dan boleh utang berbeda dengan toko si Yuyun ini yang galak dan tidak boleh utang.

Sesuai dengan judulnya yaitu Maling Kutang jadi film ini sebenarnya film komedi satir yang dibumbui kata-kata yang agaknya kasar dan kotor namun tidak terlalu berlebihan untuk menarik perhatian penontonnya.

Film ini masuk dalam daftar film Raditya Dika namun dia tidak ikut serta dalam peran karena pada film ini Radit hanya sebagai penulis skenarionya saja.

Cinta Brontosaurus (2013)

Raditya Dika yang berperan sebagai tokoh utama dengan nama Dika ini adalah penulis yang baru saja putus dengan Nina (Pamela Bowie), dari kejadian tersebut Dika menyakini bahwa cinta juga bisa expired. 

Soleh Solehun sebagai Kosasih berusaha meyakinkan Dika terhadap cinta kembali yang mana ia adalah agen naskahnya yang mana akhirnya malah menimbulkan perkenalan absurd yang dilakukan Dika.

Konflik mulai muncul ketika Raditya Dika ini akhirnya menulis ceritanya dengan judul Cinta Brontosaurus yang malah naskah asli Dika tersebut akan dirubah oleh Mr. Soe Lim (Ronny P. Tjandra) menjadi cerita horor.

Dalam film ini Raditya Dika yang mana sebagai pemeran utama sekaligus penulis skenario ini berhasil membuat film ini. Akankah kisah cintanya akan kembali?

Cinta Dalam Kardus (2013)

Cinta Dalam Kardus ini diperankan langsung oleh Raditya Dika yang mana dia sebagai Miko selaku peran utama dalam film ini. Awal film ini lagi-lagi digambarkan dengan putusnya Miko dengan Putri yang membuat sedih Miko akhirnya membuat ia ingin melupakannya.

Pada malam minggu Miko berusaha menghibur diri dengan mencoba naik panggung untuk Stand Up Comedy. Sebelum berangkat Miko terkejut melihat kardus yang berisi barang-barang nostalgia peninggalan 21 mantan gebetannya yang seharusnya dibuang oleh pembantunya.

Sesampainya di panggung ada kejadian yang membuat sang lakon ini ingin membuktikan bahwa cinta itu berlebihan dengan dibuktikannya barang-barang mantan yang ia bawa ke panggung.

Manusia Setengah Salmon (2013)

Semasa kecil Dika (Raditya Dika) pindah dari rumah sejak ia kecil akibat keputusan dari ibunya (Dewi Irawan). Pengalaman lucu terjadi ketika rumah yang mereka kunjungi ternyata tidak ada yang cocok. Dari mulai rumah yang jelek, rumah bekas kuburan, bahkan sampai rumah yang bekas kuburan. Ketika mereka sudah hampir putus asa, pada akhirnya Dika menemukan sebuah rumah, yang menurut ibunya sempurna. Di saat ini juga Dika bertemu dengan Patricia (Kimberly Ryder) seorang cewek yang begitu cantik, dan mulai melakukan pendekatan dengannya.

Ketika sudah pindahan rumah, masalah mulai muncul dari mulai Dika yang tidak suka dengan rumahnya dan juga kenangan rumah lama yang nampaknya masih membekas. Hubungan Dika dengan Jessica pun terganggu akibat mantannya Patricia masih ia ingat.

Film ini mengisahkan tentang drama komedi, menyedihkan dan juga kisah romatis yang bagus, pada akhirnya Dika sadar bahwa perjalanan pindahan yang begitu banyak konflik ini seperti rombongan ikan Salmon yang dibayangi oleh predator.

Marmut Merah Jambu (2014)

Film yang pertama kali disutradarai oleh Radit ini berjudul Marmut Merah Jambu yang mengisahkan tentang cinta pertamannya ketika SMA dengan seorang perempuan bernama Ina. 

Suatu ketika Dika bertemu dengan Bapaknya Ina, cinta pertamannya. Ia berusaha menarik perhatian Ina dengan kisahnya menjadi detektif yang dibuatnya dengan Bertus (Julian Liberty) yang mana adalah temannya yang sama-sama terbuang di sekolah.

Seiring dia bercerita, akhirnya Dika teringat ada satu maslah yang belum selesai dan akhirnya dia berusaha menyelesaikannya, lalu apakah cinta pertama memang tidak pergi kemana-mana?

Malam Minggu Miko : The Movie (2014)

Mengangkat cerita 3 tokoh utama yaitu Miko yang mencari cinta sejatinya, Dovi yang paling PD dan Anca pembantu rumah tangga mereka yang setia. Konflik mulai muncul ketika Miko selalu gagal ketika PDKT dengan perempuan, yang pada akhirnya muncul Rian yang menganggap bahwa itu adalah kutukannya sejak SMP.

Dovi berusaha keras untuk menyelesaikan kuliahnya yang hampir membuatnya stres. Dovi membuktikan bahwa ia harus menyelesaikan apa yang ia mulai, sedangkan Anca dan kekasihnya berniat untuk mengikuti nikah masal. Bagaimana keseruan dari film yang sutradarai oleh Raditya Dika yang mana sekaligus pemeran dan pembuat naskah ini, pasti bakal seru. 

Single (2015)

Film Single ini bercerita tentang Radit yang berperan sebagai Ebi yang mana ia adalah seorang single atau jomblo yang dari lahir hingga dewasa belum pernah sekalipun pacaran. Ebi selalu ditolak oleh perempuan. 

Ebi mencoba mencari perempuan untuk dipacari ketika adiknya Alva yang lebih sukses dan lebih ganteng akan menikah. Ebi mencari pacar dibantu dengan temannya yaitu Wawan dan juga Victor namun tetap gagal.

Namun ditengah perjalanan Ebi justru menemukan cintanya di kosannya sendiri yang bernama Angel, namun perjalanan kisahnya tidaklah mudah karena ternyata ada persaingan dengan sosok Joe yang mengaku sebagai kakaknya yang berusaha menjauhkan Ebi dari Angel.

Film ini berkisah tentang perjuangan Ebi untuk melepas status Single nya untuk merubah hidupnya yang begitu suram.

Relationshit (2015)

Sebenarnya pada film ini Raditya Dika tidak menyutradari maupun tidak memerankan peran dalam film Relationshit ini, namun Radit ikut andil menggarap dalam menyunting naskah skenario yang dibuat oleh Alitt Susanto ini. Film ini juga diangkat film berkat saran Radit ini ke Produksi Starvision Picture.

Dimulai ketika sang pemeran utama Alitt (Jovial da Lopez) sukses menciptakan buku-buku best seller, seperti yang dikatakan pepatah dibalik lelaki yang sukses ada perempuan yang berhasil dibelakangnya ya begitu juga dengan Alitt dia memiliki pendamping yang bisa dikatakan sempurna.

Namun masalah muncul ketika Wina pacar dari Alitt yang harus menuruti ibunya untuk berpisah. Setelah beberapa kejadian Alitt bertemu dengan Vivi yang membuat ia berpaling. di tengah hubungannya yang indah degan Vivi datanglah Wina kembali yang membuatnya bimbang. 

Koala Kumal (2016)

Film dengan jumlah artis cameo terbanyak ini merupakan film garapan Radit yang ke 10. Film tersebut juga menceritakan tentang perjalanan kisah cinta Dika yang gagal menikah dengan Andrea yang diperankan oleh Acha Septriasa yang selingkuh dengan James (Nino Fernandez).

Putus cinta ini membuat penulis ini mengalami kesusahan menulis buku bagian bab akhirnya. Pada akhirnya dia bertemu dengan Trisna (Sheryl Sheinafia) yang merupakan cewek unik yang membantu Dika membuat pandangannya terhadap dunia menjadi berbeda.

Untuk membuat Dika menyelesaikan Bab akhir pada bukunya Trisna membantunya dengan menyuruh Dika untuk membalas dendam terhadap Andrea.

Hangout (2016)

Untuk penjelasan film Hangout pernah saya jelaskan di Artikel Rekomendasi Film Komedi Terbaik bisa langsung di cek dengan klik diatas ini.

The Guys (2017)

Kisah unik dari percintaan Alfi atau Raditya Dika ini yang berperan sebagai karyawan dengan cita-citanya yaitu menjadi bos. Alfi ingin mendapatkan cinta Amira (Pevita Pearce) yang menjadi teman kantornya yang kebetulan adalah anak dari bosnya di kantor. 

Masalah muncul ketika Jeremy bapak dari Amira yang diperankan Tarzan ini ternyata menyukai ibu dari Alfi yang mana Amira dan Ibu Alfi ini sudah lama hidup sendiri. Via yang mana gebetan abadi dari Alfi yang awalnya mengabaikan sekarang menunjukkan rasa cintanya terhadap Alfi.

Menyelesaikan masalah sendiri antara cinta dan cita-citanya nampaknya Alfi membutuhkan bantuan dari teman-temannya yaitu Rene yang merasa paling ganteng, Aryo jomblo namun paling paham bab percintaan, dan Sukun merupakan karyawan yang berasal dari Thailand yang begitu polos.

Target (2018)

Berlatar belakang di sebuah gedung kosong yang menceritakan sembilan orang yang melakukan proses syuting sebuah film. Namun mereka dihadapkan pada suatu tantangan yaitu ketika ada seseorang yang menamainya Game Master yang memberitahukan bahwa sembilang orang ini harus berinteraksi aneh selama 24 jam.

Dalam cerita ini GM atau Game Master memberitahukan bahwa hanya ada 1 yang dapat selamat hingga akhir. Kemudian mulailah kesembilan pemain ini mencari cara agar bisa selamat dari permainan ini.

Film garapan Raditya Dika ini selain membuat cerita komedi seperti biasanya namun ada yang beda dari film ini yaitu menambahkan unsur thriller pada film tersebut yang membuat penonton deg-deg an ketika melihat film ini.

Single Part 2 (2019)

Melihat kesuksesannya pada film bagian satu Single ini, Raditya Dika membuat film terusan dari kisah jomblo Ebi ini. Setelah selalu gagal dalam mencari pasangan Ebi yang hampir berumur 30 tahun ini nampaknya mulai muak ditanya nikah kapan. 

Dengan bantuan 2 orang sahabatnya Ebi berusaha mencari pasangan hidupnya.  Ia bertakd keras untuk mendapatkan pasangan karena ia merasa sudah harus memiliki pasangan pada umurnya sekarang ini.

Akhir dari film ini menunjukkan Ebi telah berakhir sukses mengalami peningkatan yang signifikan dimulai dari ia melakukan first kissnya dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Rencana Film Horor (2020)

Tidak seperti sebelumnya Raditya Dika berusaha menggarap sebuah film yang ucapnya akan menjadi genre Full horor. Untuk pertama kali sang Youtuber yang sering trending ini nampaknya ingin mencoba alternatif baru yaitu horor. Bagi kalian yang ingin menunggu film ini rilis sambil menyiapkan diri bisa sambil menonton rekomendasi film horor dengan klik link tersebut.

Nampaknya film ini akan mengalami pengunduran jadwal yang aslinya akan tayang akhir tahun ini namun karena kita semua tahu adanya pandemi ini merugikan hampir semua pihak yang menyebabkan kemungkinan film horor garapan Radit ini akan mundur lagi.

Tapi kita semua berdoa yang terbaik untuk kelancaran pembuatan film tersebut, kita tunggu saja kabar baik dari Raditya Dika di Channel Youtubenya yang biasanya membeberkannya lewat media tersebut

Dan itulah 15 Film Garapan Raditya Dika yang bisa dijabarkan. Semoga daftar tersebut bisa menjadi rekomendasi kalian dalam menonton film, karena saya rasa film-film dari Bang Radit ini sangat cocok untuk ditonton dikala luang.